Pentingnya Gait dalam Fisioterapi

Pentingnya Gait dalam FisioterapiBanyak orang percaya bahwa berjalan adalah sesuatu yang mereka telah lakukan untuk sebagian besar hidup mereka, tidak ada yang perlu mengajari mereka cara berjalan lagi setelah cedera. Sayangnya, sebagian besar cedera tulang belakang dan ekstremitas bawah mengubah mekanik berjalan dan dapat menyebabkan kecacatan tambahan jika tidak diperbaiki dengan terapi fisik dan latihan kebugaran. Dengan atau tanpa cedera, gaya berjalan (berjalan mekanik) sering semakin memburuk dengan bertambahnya usia …. belum tentu karena faktor usia, tetapi paling sering disebabkan oleh semakin melemahnya kondisi fisik.

Apa itu gait? Gait adalah cara berjalan, melangkah atau berjalan. Lebih khusus lagi, adalah serangkaian ritmis, bolak gerakan pada batang tubuh dan anggota badan yang mengakibatkan progresivitas ke depan dari pusat gravitasi (tubuh). Cara lain untuk memikirkan gait adalah sebagai suatu rangkaian “controlled falls”.

Bagaimana mengevaluasi gait? Secara visual kami mengamati pasien berjalan di atas treadmill atau naik dan turun lorong panjang. Sebuah treadmill memungkinkan kita untuk secara tepat mengontrol kecepatan dan untuk mengamati close-in. Jika perlu, pasien juga bisa direkam dalam video sambil berjalan / berlari. Video kemudian dapat diperlambat, membalikkan, dan diulang sesuai kebutuhan selama sesi fisioterapi untuk melakukan penilaian gait yang lebih rinci .

Beberapa hal yang kita cari selama evaluasi gait adalah simetri dari siklus gait, langkah dan langkah panjang, irama, dan basis berjalan. Simetri merupakan salah satu aspek yang paling penting dari gait. Pergerakan satu sisi tubuh harus mencerminkan sisi lain dari tubuh. Ayunan lengan, penempatan kaki, panjang langkah, dampak kaki semua harus tepat kanan vs kiri.

Cedera dan atau kelemahan sering menyebabkan dampak yang lebih berat (biasanya, tetapi tidak selalu) di sisi yang berlawanan. Karena manusia rata-rata membutuhkan waktu 10-15,000 langkah setiap hari, meningkatkan dampak dari satu kaki dengan kekuatan hanya 10 lbs (setiap langkah) dapat menambahkan hingga banyak stres tambahan yang ditambahkan dengan kaki (ke atas 75.000 lbs) setiap hari.

Kelainan lainnya dari gait adalah penempatan kaki. Jika pasien mengalami kesulitan mengendalikan di mana kaki mendarat (misalnya: terlalu dekat dengan kaki yang lain, out / in), mereka mungkin memiliki kelemahan otot pinggul yang signifikan atau masalah neurologis.

Sebagian besar deviasi gait dapat dikoreksi atau dikompensasi dengan fisioterapi dan latihan kebugaran. Sebagian besar fisioterapis ahli dalam evaluasi gait dan pelatihan. Jika tidak diobati, deviasi gait yang signifikan dapat menyebabkan cedera. Dengan langkah pertama, dan membuat evaluasi gait, bisa menjadi langkah dalam arah yang benar untuk kesehatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s