Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) di Bidang Medis

Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) di Bidang MedisKomunitas medis telah membuat langkah besar dalam mengembangkan metode pengobatan yang inovatif untuk pasien yang menderita cedera yang memerlukan rehabilitasi pada jaringan otot. Cedera dapat terjadi akibat kejadian yang berhubungan olahraga, suatu kecelakaan yang memerlukan kebutuhan untuk fisioterapi, atau cedera akibat kegiatan sehari-hari. Salah satu terapi pengobatan yang telah menjadi populer dalam mengobati cedera fisik adalah Electrical Muscle Stimulation (EMS).

Electrical muscle stimulation, juga disebut sebagai neuromuscular electrical stimulation (NMES), Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), atau electromyostimulation, digunakan untuk mencegah terjadinya kejang otot dan atrofi otot, meningkatkan sirkulasi darah lokal dengan merangsang jaringan otot, penguatan jaringan otot untuk mempercepat penyembuhan, mempertahankan atau meningkatkan jangkauan gerak,re-edukasi otot, dan stimulasi otot betis untuk mencegah trombosis vena.

Cara Kerja EMS

EMS menggunakan arus listrik untuk merangsang otot-otot. Pulse listrik merangsang saraf untuk menghasilkan kontraksi otot alami. Hal ini dikenal sebagai latihan pasif. Perangkat EMS menghasilkan sinyal listrik yang merangsang saraf. Impuls ini dihasilkan oleh perangkat listrik dan disampaikan melalui elektroda yang ditempatkan pada kulit di dekat otot yang membutuhkan stimulasi. Dengan menempatkan bantalan di dekat kelompok otot tertentu, dan kemudian mengirimkan impuls dengan menggunakan perangkat EMS, otot-otot akan mulai berkontraksi dan berelaksasi. Impuls meniru impuls yang dihasilkan oleh otak untuk merangsang jaringan otot. Kontraksi yang dihasilkan dari stimulasi jauh seperti kontraksi otot selama latihan rutin. Tegangan untuk titik-titik tekanan yang berbeda pada otot dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Hasil stimulasi adalah perbaikan dan penguatan otot.

Perangkat EMS membantu merangsang jaringan otot yang mungkin tidak akan terpengaruh oleh rutinitas olahraga secara teratur. Mereka akan merangsang jaringan otot yang rusak sehingga dapat memulihkan, mengencangkan otot, dan memperkuat jaringan yang rusak. Pulses merangsang serat jaringan dengan derajat dan pola-pola tertentu yang menurunkan degenerasi otot yang disebabkan oleh atrofi saraf.

Keuntungan Menggunakan EMS

Kebanyakan klinik rehabilitasi menggunakan perangkat EMS karena kualitas penyembuhan mereka. Bila menggunakan EMS, proses perbaikan jauh lebih cepat karena saraf dan jaringan otot mampu pulih lebih cepat. Stimulasi ini cukup untuk memulai perbaikan otot. Ketika otot robek sembuh, pasien dapat melanjutkan dengan langkah berikutnya dalam proses rehabilitasi. Oleh karena itu, waktu rehabilitasi pasien lebih pendek. Metode ini jauh lebih menyakitkan. Hal ini juga dapat bersantai karena sebagian besar rasa sakit diringankan. Selain itu, bantuan ini bisa bertahan selama beberapa waktu setelah sesi selesai.

FDA mengharuskan bahwa menampilkan kontraindikasi secara manual, peringatan, pencegahan dan efek samping. Hal ini termasuk: tidak digunakan bagi para pemakai alat pacu jantung; tidak digunakan pada bagian-bagian penting tubuh, seperti saraf carotid sinus, di dada, atau di otak; hati-hati dalam penggunaan selama kehamilan, menstruasi, dan kondisi lain yang dapat dipengaruhi oleh kontraksi otot. Efek samping yang mungkin dapat mencakup iritasi kulit dan luka bakar.

Banyak rumah sakit, klinik rehabilitasi, dan klinik olahraga menggunakan Electronic Muscle Stimulators, atau perangkat EMS. Penggunaannya berkembang terutama pada komunitas atlet. Hasil yang menguntungkan telah menarik perhatian banyak orang di komunitas medis. Praktisi Umum sekarang menyaksikan banyak manfaat menggunakan EMS pada pasien mereka. Perangkat EMS juga dapat ditemukan di pusat kebugaran dan di rumah untuk membantu orang kesembuhan lebih cepat dari cedera otot. Kebanyakan orang yang telah menerima pengobatan EMS menemukan proses konstruktif dan melegakan. Karena mempercepat proses rehabilitasi, pasien bisa menghemat uang mereka. Electronic Muscle Stimulators adalah cara yang baik untuk mendorong penyembuhan otot, mengendalikan rasa sakit, dan memperkuat otot-otot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s