Apa itu Fisioterapi?

Apa itu FisioterapiFisioterapi atau terapi fisik didefinisikan sebagai penyediaan layanan kepada masyarakat dalam rangka untuk mengembalikan atau mempertahankan kemampuan fisik dan fungsional terutama setelah melewati proses penyakit atau cedera, tapi paling sering dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan fisik.

Kapan harus melakukan fisioterapi?

Fisioterapi ini sebagian besar dipercaya oleh banyak orang untuk menjadi suatu latihan yang mempertahankan kondisi kerja tubuh manusia secara efisien. Namun demikian, fisioterapi ini jauh lebih dari sebuah latihan yang diawasi oleh ahli fisioterapi. Berikut adalah beberapa kondisi di mana fisioterapi dapat bermanfaat termasuk Cedera, Pos rehabilitasi cedera (pasca patah tulang, pasca bedah), masalah otot, kelainan tulang (Osteo-arthritis), nyeri leher dan sakit punggung, masalah Spine (Skiatika, Spina bifida ), sakit kepala (tension headache), gangguan neurologis (Stroke, Cerebral palsy, Multiple sclerosis), masalah Saluran Kemih (inkontinensia stres), masalah ginekologi (pasca persalinan, rahim dan prolaps vagina), paru-paru dan penyakit jantung (penyakit paru obstruktif kronik).

Di atas adalah beberapa situasi di mana fisioterapi bekerja sebagai terapi dalam membantu pasien beserta modalitas pengobatan dasar yang digunakannya, tetapi peran seorang fisioterapi jauh lebih dari daftar yang disebutkan di atas.

Siapa yang melaksanakan fisioterapi?

Fisioterapi bukan hanya sekedar latihan yang terdiri dari beberapa langkah sederhana dan berulang-ulang. Aplikasi yang optimal kadang-kadang menjadi suatu tantangan bagi fisioterapi bahkan fisioterapis yang berpengalaman. Penggunaan fisioterapi yang tepat dengan berdasarkan pada usia pasien, jenis kelamin, kondisi fisik, tingkat keparahan penyakit dan kemampuan fisik adalah beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap pendekatan dilakukan untuk pengobatan fisioterapi. Oleh karena itu hanya fisioterapis dengan pengetahuan yang luas, cukup berpengalaman dan punya keahlian adalah wajib untuk tujuan ini. Orang seperti ini disebut sebagai Fisioterapis Profesional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s