5 Jenis Latihan Fisioterapi

5 Jenis Latihan FisioterapiLatihan Fisioterapi merupakan bagian integral dari proses pemulihan pasien dengan gangguan musculoskeletal. Ada berbagai jenis latihan ditujukan pada bagian tubuh yang berbeda dan sering digunakan bersamaan dengan metode pengobatan lain seperti pembedahan dan obat-obatan.

Latihan Range of Motion

Salah satu latihan fisioterapi yang paling sering adalah Latihan ROM . Ini dilakukan dengan pasien yang menderita masalah sendi termasuk sendi lutut, sendi bahu dan sendi siku. Karena cedera, sendi sering kaku, meradang dan bengkak. Akibatnya, kemampuan untuk mencapai jangkauan maksimum gerak terhambat. Bayangkan diri Anda tidak mampu untuk sepenuhnya meluruskan kaki atau siku Anda. Hal ini pasti akan menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Latihan ROM dapat secara efektif melonggarkan jaringan yang kaku dan membantu secara perlahan meningkatkan fleksibilitas sendi Anda.

Strengthening exercises

Strengthening exercises dapat diberikan sebelum dan sesudah operasi .. Sebelum operasi, otot-otot harus kuat karena pasien seringkali diperlukan dan diharuskan beristirahat untuk jangka waktu tertentu, yang mengakibatkan atrofi otot. Otot yang kuat sebelum operasi dapat membantu mengurangi tingkat kelemahan dan lebih mendukung bagian-bagian yang cedera. Setelah operasi, otot-otot perlu diperkuat untuk membantu dukungan yang lebih baik pada bagian pemulihan dan menanggung berat badan dan gerutuan tubuh.

Mobilisasi jaringan lunak

Mobilisasi jaringan lunak membantu untuk mengendurkan otot tegang dan kaku dimana dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit pada pasien. Hal ini dilakukan oleh terapis dengan melakukan pijatan/massage pada daerah yang terkena, peregangan statis untuk merilekskan dan meringankan kekakuan dan penggunaan plester terapi yang seharusnya membantu untuk meningkatkan aliran darah.

General conditioning

Pengkondisian umum seperti namanya membantu memberikan pengkondisian tubuh melalui berbagai latihan kardiovaskular seperti berjalan, berenang dan jogging. Ini membantu untuk meningkatkan fleksibilitas sendi serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Latihan Keseimbangan

Karena cedera, kemampuan alami tubuh untuk menyeimbangkan tubuh mungkin sedikit off dan oleh karena itu, latihan yang membantu untuk mengembalikan keseimbangan perlu dilakukan. Awalnya, penggunaan bar paralel mungkin diperlukan untuk membantu menjaga keseimbangan , tetapi seiring berjalannya waktu, Anda dapat mulai untuk mengabaikan adanya bar itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s